Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi komodifikasi konten pada
pemberitaan kematian suporter sepakbola Haringga Sirla dalam program berita News Room
Today Jak Tv pada September 2019. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana komodifikasi konten berita kematian Haringga Sirla diproduksi
dalam redaksi News Room Today Jak Tv. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif
dengan metode analisis studi kasus. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer yang
diperoleh dari paket berita mengenai Haringga Sirla dalam program News Room Today Jak
Tv, dan data sekunder diperoleh dari wawancara mendalam kepada para informan. Hasil dari
penelitian ini menyatakan bahwa konten pemberitaan mengenai kematian Haringga Sirla
pada program News Room Today diproduksi dengan mendramatisir derita keluarga korban
serta penayangan gambar korban meninggal yang vulgar dan penggunaan kata-kata yang
mampu menambah kesedihan korban justru ditonjolkan.
Kata kunci: komodifikasi konten, berita, televisi