DETAIL DOCUMENT
Analisis Online Customer Engagement dalam Fungsi Digital Public Relations pada Kampanye "Art in a Cup 2019" di Instagram (Studi Kasus Kampanye "Art in a Cup 2019" Starbucks di PT GTech Digital Asia)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Julian, Devara Cornellita
Subject
Communication Science 
Datestamp
2019-08-16 04:39:48 
Abstract :
Indonesia kaya akan kopinya, hal ini tidak terlepas dari usaha dan kerja keras dari para petani kopinya. Starbucks sebagai salah satu perusahaan yang peduli dengan hal tersebut ingin menunjukkan rasa terima kasihnya dengan membuat kampanye berjudul Art in a Cup. Kampanye ini bertujuan untuk menunjukkan komitmen perusahaan dengan petani kopi di Indonesia serta untuk memberikan pemahaman kepada pelanggan bahwa setiap minuman di Starbucks terbuat dari bahan-bahan terbaik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model online customer engagement oleh Paine untuk melihat tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap fungsi digital public relations dalam menyampaikan konten kampanye Art in a Cup 2019 di Instagram. Metode penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten-konten kampanye Art in a Cup 2019 di Instagram memberikan efek dan respon yang berbeda-beda pada tiap pelanggan dalam lima tahapan online customer engagement, yaitu lurking; pelanggan memberikan like pada konten, casual; pelanggan menjadi pengikut akun karena tertarik dengan konten, active; pelanggan ikut berpartisipasi dalam kegiatan kampanye, committed; pelanggan bersedia memberikan identitas diri kepada Starbucks karena konten kampanye, dan loyalty; kontribusi lebih pelanggan terhadap Starbucks. Jika kelima tahapan tersebut terpenuhi, pelanggan dapat dikatakan loyal kepada Starbucks. 
Institution Info

Universitas Bakrie