DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Sponsorship dan Sikap Konsumen pada Acara Liga Futsal Indonesia 2010 terhadap Citra Merek Mitre
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Lazuardi, Khell
Subject
Customer Behavior 
Datestamp
2024-03-25 01:59:45 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sponsorship dan sikap konsumen pada acara terhadap citra merek Mitre. Acara yang dimaksud adalah Liga Futsal Indonesia 2010 dengan Mitre sebagai sponsor utamanya. Mitre adalah perusahaan alat-alat olah raga yang masih memiliki pengaruh yang lemah di Indonesia. Merek Mitre dinilai masih belum diketahui oleh kebanyakan masyarakat di Indonesia. Model sponsorship yang digunakan adalah perceived congruency atau persepsi kecocokan antara merek sponsor dengan acara. Model tersebut adalah konstruk yang paling banyak digunakan dalam penelitian sponsorship. Sponsorship dengan pandangan kecocokan dan sikap konsumen pada acara yang positif diharapkan bisa meningkatkan citra merek Mitre. Akan tetapi, pengaruh merek Mitre yang masih lemah membuat pengukuran citra merek harus melalui tahapan awal, sehingga dibatasi hanya pada kesadaran merek. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 200 orang yang merupakan penonton Liga Futsal Indonesia 2010 pada tanggal 22-24 November 2010. Dengan menggunakan analisis regresi berganda, penelitian ini memperoleh hasil bahwa sponsorship dan sikap konsumen pada acara berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek Mitre. Pengaruh pada citra merek tersebut masih terbatas pada kesadaran merek. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan bisa meneliti merek yang memiliki pengaruh yang kuat, sehingga analisis citra merek bisa lebih dalam. 
Institution Info

Universitas Bakrie