Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sponsorship dan sikap
konsumen pada acara terhadap citra merek Mitre. Acara yang dimaksud adalah
Liga Futsal Indonesia 2010 dengan Mitre sebagai sponsor utamanya. Mitre
adalah perusahaan alat-alat olah raga yang masih memiliki pengaruh yang
lemah di Indonesia. Merek Mitre dinilai masih belum diketahui oleh kebanyakan
masyarakat di Indonesia. Model sponsorship yang digunakan adalah perceived
congruency atau persepsi kecocokan antara merek sponsor dengan acara.
Model tersebut adalah konstruk yang paling banyak digunakan dalam penelitian
sponsorship. Sponsorship dengan pandangan kecocokan dan sikap konsumen
pada acara yang positif diharapkan bisa meningkatkan citra merek Mitre. Akan
tetapi, pengaruh merek Mitre yang masih lemah membuat pengukuran citra
merek harus melalui tahapan awal, sehingga dibatasi hanya pada kesadaran
merek.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 200 orang yang
merupakan penonton Liga Futsal Indonesia 2010 pada tanggal 22-24 November
2010. Dengan menggunakan analisis regresi berganda, penelitian ini
memperoleh hasil bahwa sponsorship dan sikap konsumen pada acara
berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek Mitre. Pengaruh pada
citra merek tersebut masih terbatas pada kesadaran merek. Oleh karena itu,
penelitian selanjutnya diharapkan bisa meneliti merek yang memiliki pengaruh
yang kuat, sehingga analisis citra merek bisa lebih dalam.