DETAIL DOCUMENT
Analisis Penerapan Value Chain Customer Relationship Management pada PT. IPRIMA NUSA PERMATA DIANMAS
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Arifin, Alfian Othniel
Subject
Customer Satisfaction 
Datestamp
2024-03-26 02:57:25 
Abstract :
Penelitian ini dibuat untuk melihat penerapan Customer Relationship Management yang merupakan salah satu bagian dari pemasaran. Customer Relationship Management ini menjadi tren baru dalam pemasaran karena dianggap dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Customer Relationship Management ini lebih memperhatikan kebutuhan pelanggan dan mencoba untuk memberikan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pelanggan, tidak hanya membanjiri pelanggan dengan produk dalam jumlah besar. Penelitian ini dilakukan di PT. IPRIMA NUSA PERMATA DIANMAS yang telah menerapkan Customer Relationship Management ini sejak tahun 2007. PT. IPRIMA NUSA PERMATA DIANMAS sebelumnya menggunakan pemasaran biasa dengan mass production sejak berdiri tahun 1998. Melalui perubahan Marketing Strategy yang dulunya bersifat mass production kemudian berubah menjadi customize ini akhirnya ditemukan dampak positif terhadap pendapatan perusahaan. Customer Relationship Management merupakan hal yang baik untuk diterapkan dan dapat berdampak positif walaupun belum diterapkan sepenuhnya sesuai teori yang ada. 
Institution Info

Universitas Bakrie