Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang
menyebabkan konsumen memutuskan menabung di Bank Syariah Mandiri
cabang Warung Buncit. Selain itu, ingin dicari pula faktor-faktor yang tidak lazim
diteliti oleh para peneliti pada umumnya. Data yang dipergunakan adalah data
primer yang diperoleh langsung dari objek penelitian ini yaitu nasabah Bank
Syariah Mandiri cabang Warung Buncit. Model analisis yang digunakan adalah
analisis faktor dan analisis deskriptif.
Adapun hasil penelitian menemukan bahwa ditemukan 6 faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam memutuskan menabung di Bank Syariah
Mandiri cabang Warung Buncit. Ke enam faktor tersebut adalah image
perusahaan, pelayanan, insentif, akses, motivasi, dan progresivitas bisnis.
Masing-masing faktor tersebut terdiri dari indikator-indikator yang berbeda-beda.
Berdasarkan temuan-temuan tersebut penelitian ini mengajukan saran kepada
pihak Bank, khususnya Bank Syariah Mandiri cabang Warung Buncit, hendaknya
memperhatikan dan meningkatkan ke enam faktor tersebut.