DETAIL DOCUMENT
MITOS GAYA HIDUP PEREMPUAN BERHIJAB DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Konstruksi Perempuan Berhijab di Iklan Susu HiLo Soleha Versi “Sunshine” Featuring Dian Pelangi)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bakrie
Author
Listyaningrum, Elizabeth Dyah
Subject
Advertising 
Datestamp
2017-09-05 04:00:37 
Abstract :
Perempuan merupakan target utama dari berbagai macam produk, khususnya bagi produk Susu Hilo Soleha. Susu ini hadir sebagai susu mineral alami untuk konsumen yang kurang mendapatkan sinar matahari. Diformulasikan khusus dengan kandungan vitamin D yang lebih tinggi dan diperuntukkan bagi perempuan berhijab yang kurang mendapat sinar matahari agar tetap aktif dan sehat berkegiatan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Penulis akan meneliti iklan susu Hilo Soleha yang ada di situs YouTube kemudian menganalisis tanda verbal dan non verbal didalamnya dan lewat makna denotasi, konotasi dan akhirnya muncullah mitos dalam iklan tersebut yang dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat yang ada. Hasil penelitian menunjukkan penanda dan petanda dalam iklan tersebut memperlihatkan gaya hidup perempuan berhijab masa kini yang peduli akan kesehatannya karena meskipun menggunakan busana tertutup namun tetap aktif dan enerjik dalam menghasilkan suatu karya yang bermanfaat bagi orang lain. Kata Kunci: Semiotika Roland Barthes, Gaya Hidup, Perempuan berhijab, Iklan, YouTube 
Institution Info

Universitas Bakrie