DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE BELAJAR PROBLEM POSING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 4 JEJAWI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bina Darma
Author
AFRIYANTO, AFRIYANTO
Sawi, Sujarwo
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2019-11-08 01:18:39 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode belajar menggunakan problem posing terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 4 Jejawi. Hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini adalah pengaruh metode belajar menggunakan problem posing terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 4 Jejawi Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 jejawi sebanyak 10 orang. Tekhnik pengambilan sampling menggunakan purposive random sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yaitu berdasarkan besarnya jumlah hasil belajar yang diperoleh siswa melalui soal soal yang di jawab berdasarkan soal yang telah dibuat sebelumnya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data untuk melakukan uji hipotesis dengan menggunakan desain satu kelompok One Group Pretest-Posttest Design. menggunakan teknik uji t yaitu Paired Samples t-test. Berdasarkan uji hipotesis (paired sampel t-test) diperoleh rata-rata hasil belajar pretest yakni 56,50. Sedangkan untuk nilai posttest diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 86,00, nilai probabilitas atau sig. (2-tailed)=0,000 maka p<0,01. Maka terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan post-test yang artinya ?ada pengaruh metode pembelajaran problem posing yang sangat signifikan terhadap hasil belajar pada siswa di SMP Negeri 4 Jejawi?. 
Institution Info

Universitas Bina Darma