Abstract :
E-learning merupakan sebuah sistem pembelajaran online yang bersifat
elektronik dengan menggunakan teknologi jaringan dan komputer, sehingga
menghadirkan kemudahan bagi pelajar dalam melakukan pembelajaran jarak jauh.
Banyak pengguna e-learning salah satunya adalah univeristas PGRI palembang,
dalam e-learning mahasiswa bisa melihat materi dari dosen baik berupa media,
dokumen, atau bahkan sebuah video, begitu juga sebaliknya dosen juga dapat
memberikan materi maupun tugas kepada mahasiswanya. Akan tetapi prosesnya
sering kali terdapat beberapa kendala dimana pengguna baik mahasiswa maupun
dosen masing-masing tentunya merasa memiliki kesulitan tersendiri ketika
mengoprasikan e-learning ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur tingkat
ketergunaan (usability) dimana usability ini memiliki 5 variabel yaitu:
(kemampuan di pelajari, efisiensi, daya ingat, kesalahan, kepuasan). Instrument
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode sytem usability scale (SUS),
dimana dalam metode ini mempunyai 10 pernyataan yang mewakili 5 variabel dari
usability testing. Hasil akhir dari penelitian ini didapat skor akhir yaitu 70,29 yang
artinya e-learning dikatakan acceptable dengan grade c, sehingga e-learning
universitas PGRI palembang dapat dibilang efektif dalam penggunaanya.
Kata Kunci : Analisa, Mahasiswa, E-Learning, SPSS, SUS