Abstract :
Zivi Frozen Food adalah salah satu perusahaan bergerak dibidang
makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan hingga siap makan
dan dapat terjaga kualitas makanannya, yaitu mengelola data transaksi penjualan
dan memproses transaksi penjualan dengan customer di kasir. Zivi Frozen Food juga
memiliki kegiatan operasional yang lain untuk mendukung proses penjualannya,
seperti pemesanan barang kepada supplier, pengelolaan persediaan barang, dan
pembuatan laporan yang berkaitan dengan pemesanan barang dan persediaan
barang. dalam memasarkan produknya Zivi Frozen Food melakukan dua cara yaitu
pembeli dapat secara langsung datang ke toko dan satu lagi lewat pemesanan online
yang mana pembeli terlebih dahulu mengakses Website resmi miliknya. Pada
Website tersebut terdapat fitur atau konten dan ketepatannya sangat berpengaruh
besar dalam memasarkan produk. Maka dari itu untuk mengetahui seberapa efektif
dan efisiensinya sistem tersebut diperlukan yang namanya proses evaluasi. Dalam
proses evaluasi penelitian ini menggunakan metode Usability Testing dengan cara
melakukan survei dengan kuisioner, melakukan pemilihan fungsi, membuat tugas
Usability Testing, menyusun skrip Usability Test, melaksanakan Usability Test dengan
wawancara, melakukan analisa data. Hasil yang diperoleh dari analisis menunjukkan
bahwa dengan menggunakan Usability Testing, yang terdiri dari variabel
Learnability (mudah dipelajari), Efficiency (efisiensi), Memorability (mudah
diingat), Errors (kesalahan dan keamanan), Satisfaction (kepuasan), maka dari 5
variabel tersebut diketahui hanya variabel Efficiency yang menunjukan pengaruh
signifikan terhadap Satisfication. Sedangkan dimensi lainnya, tidak menunjukan
pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna pada website Zivi Frozen Food.
Kata kunci : Analisis, Website, Kepuasan Pengguna, Usability Testing