Abstract :
Dalam menerapkan suatu sistem informasi, kepuasan penguna dapat
dipengaruhi oleh kualitas sistem dan kualitas sistem informasi yang
dihasilkan. Dengan adanya layanan sistem ELLIPS diharapkan dapat
memudahkan para pengguna untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.
Tujuan penelitian ini untuk melihat hubungan antara variabel-variabel
terhadap kepuasan pengguna layanan sistem ELLIPS di PT Bukit Asam Tbk
menggunakan Metode DeLone & McLean. Model DeLone & McLean sendiri
mempunyai enam variabel yaitu : Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas
Pelayanan, Penggunaan, Kepuasan Pengguna dan Manfaat Bersih, namun pada
penelitian ini peneliti hanya menggunakan 5 variabel saja yaitu, Kualitas
Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan, Penggunaan dan Kepuasan
Pengguna. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive untuk
karyawan sebanyak 90 responden. Penelitian ini menggunakan alat analisis
Structural Equation Modelling (SEM) versi 3. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kualitas sistem, kualitas infromasi, dan kualitas pelayanan
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna,
sedangkan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pengguna.
Kata kunci : Kepuasan Pengguna, Model DeLone dan McLean, Sistem ELLIPS