Abstract :
Bantuan pangan non tunai adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari
pemerintah yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat setiap setiap bulannya
melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan
pangan di pedagang bahan pangan atau E-warung yang bekerjasama dengan bank.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi informasi potensi dasar faktor-faktor
internal dan eksternal penentu strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan
strategiSalah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu menentukan strategi
pengembangan sistem informasi adalah dengan melakukan analisis SWOT. Analisis
SWOT diperlukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan serta peluang dan
ancaman bagi perusahaan atau usaha untuk menghadapi persaingan yang ketat
sekaligus meningkakan daya saingSecara konsep manajemen strategi dimulai dengan
penyesuaian perusahaannya dengan lingkungan kepada kekuatan (Strength),
kelemahan (Weakness), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) dari
perusahaan tersebut, atau yang dikenal sebagai analisis SWOT. Menganalisis lingkungan
internal dan eksternal dengan menggunakan SWOT membantu untuk menentukan
situasi saat ini dan untuk mengidentifikasi prospek utama dan tantangan yang
signifikan. Jika digunakan dengan benar, SWOT dapat memberikan dasar yang baik
untuk perumusan kebijakan. Hasil penelitian kekuatan terhadap peluang perlu
dilakukan promosi dan sosialisai langsung kepada masyarakat terutama masyarakat
yang membutuhkan bantuan program E-Warong. Serta melakukan pengembangan
produk untuk melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat, kekuatan terhadap
ancaman melakukan evaluasi serta monitoring lebih detail guna mencegah hal yang
tidak di inginkan terutama dalam saluran program E-Warong, kelemahan terhadap
peluang, dengan melakukan evaluasi terhadap pihak pengembang dan membagi tugas
antara para pengembang untuk mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini,
kelemahan terhadap ancaman, melakukan kajian dan evaluasi secara menyeluruh untuk
mengetahui kekurangan yang dimiliki pada Produk.
Kata Kunci: Analisa, Bantuan, Strategi, SWOT,