Abstract :
Pengaduan Pengunjung di wisata Danau Ranau sangat dibutuhkan
pada sebuah instansi untuk membuat wisata Danau Ranau menjadi lebih baik,
memperbaiki kekurangan serta menerima saran dari tugas-tugas yang
sudah dijalankan. Pengaduan biasanya sering terjadi pada bidang sarana
fasilitas ,pelayanan umum , tindak kriminal, dan bencana alam yang ditangani
oleh Dinas Perhubungan, Kepolisian, dan Badan penanggulangan Bencana
Daerah (BPDB). Berdasarkan data pengunjung Pengunjung dari dokumen
resmi Dinas Parawisata dan Budaya Kab OKU pada tahun 2019 total
pengunjung berjumlah 45.799 orang yang terdiri dari 23 Pengunjung
mancanegara dan 45.778 Pengunjung.Di Danau Ranau. Sejauh ini belum ada
pengaduan secara sistemastis, masih menggunakan via chat atau datang
secara langsung. Maka pada penelitian ini membahas mengenai
mengembangkan sebuah aplikasi pengaduan Pengunjung di wisata Danau
Ranau berbasis Android. Aplikasi mobile diimplementasikan dengan bahasa
pemrograman yang digunakan yakni Kotlin sedangkan web untuk
administrator menggunakan Boostrap. Dengan menerapkan metode Rapid
Application Development pembuatan sistem lebih cepat dan estimasi
waktunya singkat. Hasil dari penelitian ini berupa Aplikasi pengaduan
Pengaduan Pengunjung Pada Wisata Danau Ranau Berbasis Android yang
dapat membantu instansi ? instansi terkait dalam merespon laporan dan
mempermudah pengunjung wisata Danau Ranau serta masyarakat sekitar
dalam mengajukan pengaduan maupun laporan.
Kata Kunci Android, Rapid Application Development (RAD), Kotlin, pengaduan