Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengelola data penjualan kopi lokal kota Palembang
secara online dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan pada Toko kopi cap
kucing menggunakan metode Customer Relationship Management (CRM). Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Aplikasi
dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database Mysql. Hasil
implementasi penerapan metode Customer Relationship Management pada toko
kopi cap kucing memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk mendapatkan
informasi produk terbaru, melakukan pemesanan produk secara cepat. Pada
perancangan sistem aplikasi ini, terdapat 3 aktor yaitu : admin, customer dan
pengunjung. Penelitian ini menghasilkan aplikasi bagi toko kopi cap kucing maka
akan membantu menyelesaikan kendala dan hambatan yang ditemukan dalam proses
pelayanan secara manual, seperti keterbatasan pelayanan karyawan. Sistem
pengisian data dan proses transaksi tidak lagi dilakukan secara manual dan dapat
sedikit terhindar dari kesalahan karyawan. Penyediaan sarana bagi pelanggan untuk
melakukan akses 24 jam baik itu untuk bertransaksi maupun memproleh informasi
sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi customer.
Kata Kunci ? E-commerce, PHP, MySQL, CRM