Abstract :
Website Kaboki merupakan salah satu website berupa layanan yang
dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai media dalam
menyampaikan informasi kepada masyarakat atau pengguna website. Website
belum melakukan sebuah evaluasi untuk mengetahui kelayakan website
terhadap persepsi pengguna akhir. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui sejauh mana kualitas dari layanan website pemerintah
daerah dalam menerapkan metode webqual 4.0 dari persepsi pengguna,
kualitas informasi dan interaksi layanan sehingga dapat diketahui dimensi
mana yang perlu ditingkatkan dan dimensi mana yang sudah baik. Pada
penelitian ini dilakukan di objek kabupaten ogan komering ilir khususnya di
sekitar wilayah pemerintahan daerah, alamat website kaboki yaitu
news.kaboki.go.id. dalam penelitian ini menggunakan metode webqual 4.0 dan
diukur prosesnya menggunakan software spss dalam menentukan jumlah
responden menggunakan rumus slovin sehingga didapatkan 59 responden
sebagai sampel dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
variabel kualitas informasi dan interaksi layanan tidak berpengaruh terhadap
kepuasan pengguna website, kemudian untuk variabel kualitas informasi
memiliki nilai yang sangat berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan
pengguna.
Kata kunci : Website, Evaluasi, Webqual 4.0, Kualitas, E-Governance