Abstract :
Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi didalam bidang
pendidikan, teknologi sangat berperan penting mendukung sistem pembelajaran
pada kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah siswa yang
akan masuk dikelas IPA dan kelas IPS sesuai dengan penjurusaannya agar dapat
menggembangkan potensi diri dan meningkatkan nilai akademik siswa, dengan itu
penulis membutuhkan data nilai siswa/siswi pada SMA YKPP PENDOPO dan
diharapkan dapat membantu mengambil keputusan dengan menerapkan metode kmeans clustering. algortima k-means ialah dengan membagi data kemudian
mengelompokannya kedalam beberapa cluster yang memiliki karakteristik data dan
membagi setiap cluster berdasarkan perbedaan karakter antar cluster. Clustering
adalah proses dimana mengelompokan dan membagi menjadi beberapa data set
hingga membentuk pola yang serupa dan dikelompokan pada cluster yang sama.
Hasil dari pengujian di lakukan dalam penerapan data mining dengan metode kmeans clustering dalam pengelompokan data nilai siswa untuk penjurusan ipa dan
ips, dapat disimpulkan bahwa k-means dapat digunakan untuk mengelompokan
penentuan jurusan dengan hasil yang optimal dan tidak memakan waktu yang lama.
pengujian juga menggunakan tools Rapid Miner dan menggunakan data skunder,
dimana data ini berisi nilai-nilai raport pada saat pendaftaran. Berdasarkan hasil
pengujian menunjukan bahwa, di antara 58 siswa yang terdaftar di SMA YKPP
Pendopo, ada 19 siswa yang terdaftar di kelas IPS 1 di Cluster 0, 11 siswa yang
terdaftar di kelas IPA 1 di Cluster 1, 15 siswa yang terdaftar di kelas IPS 2 di Cluster
2, dan 13 siswa yang terdaftar di kelas IPA 2 di Cluster 3.
Kata Kunci : Data, K-Means, Clustering, Rapidminer