DETAIL DOCUMENT
ANALISIS STRATEGI PEMASARAN IKAN AIR TAWAR PADA UMKM DUNIA PATIN 1988
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bina Darma
Author
MUHAMMAD, FAUZAN
Hardiyansyah, Hardiyansyah
Mukran, Roni
Subject
H Social Sciences (General) 
Datestamp
2020-02-13 03:47:46 
Abstract :
Muhammad Fauzan, Nim 13 151 046, Analisis strategi pemasaran pada ikan patin pada UMKM Dunia Patin 1988. Fakultas Ekonomi Bina Darma Palembang, Pembimbing 1 Dr. Hardiyansyah, M.Si, dan Pembimbing 2 Drs. H. Mukran Roni, M.B.A. Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran yang di pakai pada UMKM Dunia Patin 1988, yang mana permasalahan dalam penelitian ini hampir merata di setiap penjual bibit ikan patin, penelitian ini bias menjadi acuan untuk para pelaku usaha yang serupa, pada penelitian ini menggunakan nalisis SOWT untuk menentukan strategi apa yang tepat untuk di terapkan pada UMKM Dunia Patin 1988.kekuatan: Kualitas produk yang ditawarkan sangat baik, harga yang di tetapkan bias lebih murah di bandingkan pesaing, lokasi yang strategis karena mempunyai sumber air yang baik, kerjasama yang baik pada para distributor. Kelemahan: pengaruh produk yang tidak biasa di prediksi karena kematian, rawannya bibitb ikan terkena penyakit sehingga menyebabkan kematian masal, mempertahankan jumlah stok bibit ikan karena idukan yang tidak sama, jika tertahannya bibit ikan akan menambah biaya oprasional untuk membeli ikan. Peluang: permintaan pasar yang cukup tinggi, persaingan yang belom terlalu ketat, banyaknya minat konsumen untuk mengonsumsi ikan, kerjasama dengan para petani ikan yang cukup menjanjikan, respon positif konsumen terhadap adanya usaha bibit ikan. Ancaman: resiko kematian yang akan menyebabkan kerugian yang cukup besar, kenaikan harga dolar di pasaran yang ajab menambahkan kenaikan biyaya oprasional, biyaya yang tinggi untuk melakukan kegiatan oprasional usaha, sulitnya mendapatkan obat-obatan untuk menangani apabila bibit ikan sakit. Dari semua variable SWOT strategi yang di gunakan pada UMKM Dunia Patin 1988 ada lah strategi SO, strategi yang di buat dengan jalan pikiran perusahaan, yaitu dengan memanfatkan seluruh kekuatan untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar besarnya. 
Institution Info

Universitas Bina Darma