DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN DENGAN ALGORITMA FP-GROWTH (Studi Kasus : Minimarket Kharisma Palembang)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Bina Darma
Author
MEY, AGUSTIN
Tri Basuki, Kurniawan
Subject
Q Science (General) 
Datestamp
2020-02-20 08:27:29 
Abstract :
Data mining merupakan penggalian makna yang tersembunyi dari kumpulan data yang sangat besar. Minimarket kharisma merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang minimarket yang mana perusahaan ini setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut untuk mengambil keputusan tepat dalam menentukan pola penjualan. Dengan memanfaatkan data pembelian dalam database dapat memberikan informasi tentang pola pembelian konsumen pada data transaksi dengan menggunakan teknik Market Basket Analysis dalam menemukan produk yang dibeli secara bersamaan. Dari data transaksi penjualan yang kemudian diolah menggunakan Rapid Miner studio berdasarkan algoritma fp-growth yang akan menghasilkan pola pembelian. Hasil dari penggolahan data mining ini adalah dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan pola pembelian dan jumlah barang serta menemukan hal baru. 
Institution Info

Universitas Bina Darma