Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
Author
Hernanda, Komang Dwika Eva
Subject
R Medicine (General)
Datestamp
2023-03-01 05:00:59
Abstract :
Keberhasilan proses belajar mengajar salah satunya dipengaruhi oleh motivasi
belajar siswa yang merupakan kekuatan penggerak psikis di dalam diri siswa yang
menimbulkan dorongan dan memberikan arah pada kegiatan belajar. Salah satu
produk dari perkembangan teknologi yaitu berkembang pesatnya game online yang
jika digunakan belebihan dapat memberikan dampak negatif diantaranya penurunan
motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas
game online terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Kuta Utara.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan cross sectional dengan jumlah
sampel penelitian 150 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non
probability sampling yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu
kuesioner aktivitas game online dan motivasi belajar. Data hasil penelitian dianalisis
menggunakan uji Korelasi Spearman Rank.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagian besar responden memiliki aktivitas
game online yang baik yaitu 70 orang (46,7%) dan sebagian besar responden
memiliki motivasi belajar baik yaitu 73 orang (48,7%). Hasil uji korelasi Spearman
rank didapatkan nilai signifikansi p = 0,000 yang menunjukkan terdapat hubungan
bermakna antara aktivitas game online dan motivasi belajar siswa . Adapun nilai
koefisien korelasi r = 0,838 menunjukan ada kekuatan korelasi yang sangat kuat
dengan arah korelasi positif.