Abstract :
Perkembangan kognitif adalah kemampuan suatu proses berpikir dalam
memahami, menghubungkan menilai dan mempertimbangkan suatu kejadian atau
peristiwa. Perkembangan kognitif mempengaruhi proses pembelajaran disekolah,
kemampuan membaca, menulis dan analisis pemecahkan masalah pada anak.
Namun dalam prosesnya tidak semua anak dapat berkembang sesuai dengan
tumbuh kembangnya hal ini bersifat muktifaktoral salah satunya adalah orang tua.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan pendampingan orang tua
dengan perkembangan kognitif pada anak usia 6 tahun di SDN 1 Telagatawang
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan cross sectional, dengan
sampel berjumlah 30 responden dengan menggunakan metode total sampling . Data
dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji Rank Spearman.
Hasil analisis data diperoleh hasil nilai p-value 0,016 (?=0.05) yang berarti
adanya ada hubungan yang sangat signifikan antara pendampingan orang tua
dengan perkembangan kognitif pada anak usia 6 tahun di SDN 1 Telagatawang.
Penelitian ini diharapkan menjadi panduan dalam meningkatkan perkembangan
kogntif pada anak melalui peningkatan pendampingan yang dilaksanakan orang tua.