Abstract :
Dukungan keluarga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan proses
belajar siswa. Siswa yang mendapatkan dukungan keluarga yang baik, dukungan
instrumental serta fasilitas yang memadai,secara otomatis meningkatkan
kepercayaan diri dan prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap prestasi siswa di SD No 1
Pecatu Kecamatan Kuta Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis observasional dengan
menggunakan desain korelasional dan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel
yang digunakan sebanyak 49 responden dari kelas IV-VI dengan menggunakan
teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner
dukungan keluarga dan nilai rata-rata raport siswa dan data diuji menggunakan uji
chi-square.
Hasil uji chi-square menunjukan bahwa p-value = 0,008 < ?= 0,05, yang
artinya H0 ditolak dan Ha diterima berarti ada hubungan dukungan keluarga
terhadap prestasi siswa di SD No 1 Pecatu, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada
hubungan dukungan keluarga terhadap prestasi siswa di SD No 1 Pecatu dan kepada
orang tua diharapkan lebih memperhatiakan proses belajar anaknya.