DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BIBLIOTERAPI DENGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK PRA SEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TK TUNAS WIJAYA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
Author
DAMAYANTI, NI PUTU DEWI LAVINA
Subject
RJ101 Child Health. Child health services 
Datestamp
2023-07-08 07:01:32 
Abstract :
Latar Belakang: Masa prasekolah atau golden age, anak mendapat stimulus rangsangan untuk melatih perkembangan salah satunya perkembangan kognitif. Permasalahan dalam perkembangan kognitif yang kurang menyebabkan anak menjadi kesulitan dalam ingatan, pola pikir dalam belajar, prestasi anak menjadi menurun. Stimulasi yang cocok diberikan adalah bermain berupa biblioterapi jenis media buku cerita bergambar. Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biblioterapi dengan media buku cerita bergambar terhadap perkembangan kognitif pada anak pra sekolah. Metedologi: Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desan pre-eskperimen dengan desain One Group Pre Test Post Test Design dengan jumlah sampel sebanyak 51 responden. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan nilai Z hitung 6,441 dari nilai z tabel yaitu 1,960 dengan nilai p-value = 0,001 < 0,005. Kesimpulan: Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh biblioterapi dengan media buku cerita bergambar terhadap perkembangan kognitif pada anak pra sekolah (4-6 tahun) di tk tunas wijaya. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali