DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA SEKOLAH (KELAS 5 DAN 6) DI SD NEGERI 3 CANDI KUNING
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
Author
Muliati, Ni Luh Gede Ratna
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2023-07-24 23:58:53 
Abstract :
Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dari perkembangan anak usia sekolah. Perkembangan anak yang optimal membutuhkan pola asuh orang tua yang tepat. Ketidaksesuaian pola asuh orang tua dapat memicu pemasalahan dalam perkembangan kognitif anak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan pola asuh orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia sekolah di SD Negeri 3 Candi Kuning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik, dengan menggunakan metode kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional, serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling dengan jumlah sampel 68 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode uji Kolerasi Spearman Rank Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar pola asuh yang diterapkan oleh orang tua adalah pola asuh otoriter sebanyak (82,4%) dan perkembangan kognitif anak termasuk dalam ketegori sedang sebanyak (76,5%). Hal ini menunjukan terdapat hubungan antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan kognitif anak usia sekolah di SD Negeri 3 Candi Kuning dengan nilai p?value = 0,001 atau p < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi orang tua dapat menerapkan pola asuh yang tepat terhadap anak sehingga dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia sekolah. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali