Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
Author
Muliati, Ni Luh Gede Ratna
Subject
R Medicine (General)
Datestamp
2023-07-24 23:58:53
Abstract :
Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting
dari perkembangan anak usia sekolah. Perkembangan anak yang optimal
membutuhkan pola asuh orang tua yang tepat. Ketidaksesuaian pola asuh orang
tua dapat memicu pemasalahan dalam perkembangan kognitif anak. Tujuan
dilakukan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan pola asuh orang
tua terhadap perkembangan kognitif anak usia sekolah di SD Negeri 3 Candi
Kuning.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik,
dengan menggunakan metode kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan
pendekatan cross sectional, serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen.
Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling dengan jumlah
sampel 68 responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
metode uji Kolerasi Spearman Rank
Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar pola asuh yang diterapkan
oleh orang tua adalah pola asuh otoriter sebanyak (82,4%) dan perkembangan
kognitif anak termasuk dalam ketegori sedang sebanyak (76,5%). Hal ini
menunjukan terdapat hubungan antara pola asuh orang tua terhadap
perkembangan kognitif anak usia sekolah di SD Negeri 3 Candi Kuning dengan
nilai p?value = 0,001 atau p < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi
orang tua dapat menerapkan pola asuh yang tepat terhadap anak sehingga dapat
meningkatkan perkembangan kognitif anak usia sekolah.