Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
Author
Rastiti, Ida Ayu Nyoman Agung Diah
Subject
R Medicine (General)
Datestamp
2023-07-25 23:36:30
Abstract :
Gadget merupakan salah satu hasil perkembangan teknologi yang diciptakan
dalam bentuk perangkat kecil yang penggunaannya semakin meningkat.
Penggunaan gadget tentu saja memiliki dampak positif dan negatif bagi
penggunanya. Salah satu dampak negatif dari penggunaan gadget adalah kecanduan
gadget. Kecanduaan gadget yang semakin tinggi pada remaja maka akan
mempengaruhi perkembangan mental, emosi dan perilaku negatif remaja. sehinga
remaja dapat mengalami gangguan emosi dan perilaku. Adapun tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecanduan gadget dengan
gangguan emosi dan perilaku remaja di SMP Negeri 4 semarapura.
Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental bersifat penelitian
kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional dan pendekatan cross-sectional.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 91 responden remaja di SMP Negeri 4
Semarapura berusia 13-14 tahun. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu menggunakan kuisioner Smartphone Addiction Scale-Short Version (SAS-SV)
untuk mengukur kecanduan gadget serta kuisioner Kekuatan Dan Kelemahan
(Strength And Diificulties Questionnaire-SDQ) untuk mengukur gangguan emosi
dan perilaku. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa spearman
rank.
Hasil uji statistik didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p value < 0,05)
hasil ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara kecanduan
gadget dengan gangguan emosi dan perilaku remaja di SMP Negeri 4 Semarapura.
Nilai koesfisiensi didapatkan sebesar r = 0,639 yang menandakan bahwa kekuatan
hubungan kuat. Diharapkan orangtua dapat mengontrol remaja dalam penggunaan
gadget agar tidak menjadi kecanduan serta tidak terjadi gangguan emosi dan
perilaku pada remaja.