DETAIL DOCUMENT
PENGARUH COGNITIVE STIMULANT THERAPY (CST): PUZZLE TERHADAP PENINGKATAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANJUT USIA DI BANJAR PENINJOAN, PEGUYANGAN KANGIN
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
Author
Septiarini, Ni Luh Anggi
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2023-07-28 07:53:07 
Abstract :
Lansia adalah individu yang mencapai usia 60 tahun keatas dan akan mengalami proses menua. Adapun perubahan yang terjadi pada proses menua yaitu penurunan fungsi kognitif, yang dimana hal tersebut akan mengganggu lansia dalam mengingat, konsentrasi dan mengambil keputusan. Banyak terapi nonfarmakologi yang dapat dilakukan untuk mengatasi penurunan fungsi kognitif pada lansia salah satunya dengan Cognitive Stimulant Therapy (CST): Puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cognitive Stimulant Therapy (CST): Puzzle terhadap peningkatan fungsi kognitif pada lanjut usia. Penelitian ini menggunakan Pre Eksperimen Design dengan rancangan One Group Pretest and Posttest dengan jumlah sampel 33 orang lansia yang mengalami penurunan fungsi kognitif. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk membandingkan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata fungsi kognitif sebelum diberikan Cognitive Stimulant Therapy (CST): Puzzle yaitu 22.88 dan rata-rata fungsi kognitif sesudah diberikan Cognitive Stimulant Therapy (CST): Puzzle yaitu 26.88. berdasarkan analisa data menggunakan uji Wilcoxon Sign Rank Test diperoleh nilai p value 0,000 yang memiliki arti p < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Cognitive Stimulant Therapy (CST): Puzzle terhadap peningkatan fungsi kognitif pada lanjut usia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan lansia dapat mencegah terjadinya penurunan fungsi kognitif dengan Cognitive Stimulant Therapy (CST): Puzzle secara rutin. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali