PENGARUH METODE JOLLY PHONICS TERHADAP
PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-5
TAHUN DI PAUD WARA KERTA NUGRAHA Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
Author
Padmasari, Ni Kadek Ayu Pande
Subject
R Medicine (General)
Datestamp
2023-08-10 02:15:22
Abstract :
Perkembangan anak usia 4-5 tahun salah satunya adalah perkembangan
Bahasa. Perkembangan bahasa pada anak usia 4-5 tahun dapat diberikan metode
jolly phonics. Metode jolly phonics adalah metode yang dapat mestimulasi
perkembangan bahasa anak dengan mengajarkan bunyi huruf dan kosa kata.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode jolly phonics terhadap
perkembangan bahasa pada anak usai 4-5 tahun di PAUD Wara Kerta Nugraha.
Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment design dengan
pendekatan one-group pre-post test design tanpa kelompok kontrol dan prosedur
analisis statistik menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test dengan tingkat
kemaknaan p < 0,05 menggunakan program SPSS 16.0. Populasi penelitian adalah
seluruh anak usia 4-5 tahun di PAUD Wara Kerta Nugraha dan besar sampel 32
anak.
Hasil penelitian menunjukkan hampir seluruhnya anak memiliki
perkembangan bahasa normal setelah diberikan metode jolly phonics. Dimana nilai
p = 0,000 dan p < 0,05 maka H1 diterima artinya ada pengaruh metode jolly phonics
terhadap perkembangan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Wara Kerta
Nugraha. Melihat hasil penelitian di atas hendaknya para pendidik anak usia
prasekolah dapat menjadikan metode jolly phonics sebagai metode untuk
mengembangkan dan meningkatkan perkembangan bahasa anak.