PENGARUH KOMBINASI MEDIA ANIMASI DENGAN
PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP
KEMAMPUAN MENGGOSOK GIGI YANG
BAIK DAN BENAR PADA ANAK USIA
5-6 TAHUN DI TK WIDYA
KUSUMA SARI Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
Author
Wulandari, Mirah Ratna Kusuma
Subject
R Medicine (General)
Datestamp
2023-08-31 05:05:00
Abstract :
Anak usia prasekolah merupakan masa rentan terhadap masalah kesehatan
gigi dan mulut. Kemampuan menggosok gigi pada anak usia prasekolah perlu
dikembangkan mulai sejak dini. Untuk meningkatkan kemampuan gosok gigi dapat
dilakukan dengan penyuluhan kesehatan menggunakan media animasi dan
pembelajaran demonstrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh kombinasi media animasi dengan pembelajaran demonstrasi terhadap
kemampuan menggosok gigi yang baik dan benar pada anak usia 5-6 tahun di TK
Widya Kusuma Sari.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
rancangan pre experimental yaitu one group pretest posttest. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh anak di TK Widya Kusuma Sari dan besar sampel 35
anak. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total
sampling. Dalam penelitian ini menggunakan alat ukur lembar observasi
kemampuan menggosok gigi pada anak usia prasekolah dengan 19 item yang sudah
dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon
Sign Rank Test.
Hasil statistik Wilcoxon Sign Rank Test pada anak usia 5-6 tahun yang
diberikan edukasi dengan kombinasi media animasi dan pembelajaran demonstrasi
mendapatkan nilai p 0,000 (p-value < 0,05) yang berarti Ha diterima dan dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kombinasi media animasi dan pembelajaran
demonstrasi terhadap kemampuan menggosok gigi yang baik dan benar pada anak
usia 5-6 tahun di TK Widya Kusuma Sari.