Abstract :
Interaksi sosial merupakan hubungan antar individu dengan individu,
individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Pada anak usia dini
interaksi sosial memanglah sangat dibutuhkan karena anak nantinya akan
diajarkan bagaimana hidup bermasyarakat, lalu anak juga akan diajarkan berbagai
peran yang nantinya akan menjadi identifikasi dirinya. Interaksi sosial anak dapat
dinilai menggunakan kuesioner interaksi sosial. Banyak hal yang dapat dilakukan
untk meningkatkan interaksi sosial anak salah satunya yaitu dengan cooperative
play. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
cooperative play terhadap interaksi sosial anak.
Penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental Design dengan
Rancanagan One Group Pretest-Postest Design dengan jumlah sampel sebanyak
17 orang anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling.
Data dianalisis menggunakan uji Wilxocon Signed Ranks Test yang merupakan
alat uji non parametrik untuk mengetahui dua variabel berkolerasi untuk data
ordinal.
Ada perbedaan interaksi sosial anak sebelum dan sesudah dberikan
cooperative play dengan Zscore sebesar -3,642 dengan hasil nilai p value sebesar
0,000 dimana < 0,05 maka disimpulkan bahwa Ha diterima H0 ditolak artinya ada
pengaruh cooperative play terhadap interaksi sosial anak di TK. Gangga Kumara.