DETAIL DOCUMENT
PENGARUH COOPERATIVE PLAY TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK DI TK. GANGGA KUMARA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
Author
Kertiasih, Ni Wayan
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2023-09-07 09:10:22 
Abstract :
Interaksi sosial merupakan hubungan antar individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Pada anak usia dini interaksi sosial memanglah sangat dibutuhkan karena anak nantinya akan diajarkan bagaimana hidup bermasyarakat, lalu anak juga akan diajarkan berbagai peran yang nantinya akan menjadi identifikasi dirinya. Interaksi sosial anak dapat dinilai menggunakan kuesioner interaksi sosial. Banyak hal yang dapat dilakukan untk meningkatkan interaksi sosial anak salah satunya yaitu dengan cooperative play. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh cooperative play terhadap interaksi sosial anak. Penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperimental Design dengan Rancanagan One Group Pretest-Postest Design dengan jumlah sampel sebanyak 17 orang anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu total sampling. Data dianalisis menggunakan uji Wilxocon Signed Ranks Test yang merupakan alat uji non parametrik untuk mengetahui dua variabel berkolerasi untuk data ordinal. Ada perbedaan interaksi sosial anak sebelum dan sesudah dberikan cooperative play dengan Zscore sebesar -3,642 dengan hasil nilai p value sebesar 0,000 dimana < 0,05 maka disimpulkan bahwa Ha diterima H0 ditolak artinya ada pengaruh cooperative play terhadap interaksi sosial anak di TK. Gangga Kumara. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali