DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI DENGAN METODE ROLE PLAY TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PENANGANAN LUKA RINGAN DI SD NO.1 PECATU
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali
Author
Sudibyo, Rizky Dwicahyati
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2023-09-15 07:45:23 
Abstract :
Anak usia sekolah merupakan masa dimana anak akan menemukan dunia baru dan juga akan mengalami perubahan lingkungan. Lingkungan sekolah dapat menyebabkan beberapa masalah pada anak salah satunya seperti cedera fisik yang dapat menimbulkan luka ringan. Dampak dari cedera ini bisa bersifat ringan hingga fatal, dimana apabila seseorang mengalami cedera seperti luka ringan dan hal ini tidak segera ditangani maka akan menyebabkan infeksi. Pencegahan dan pertolongan pertama pada cedera sangatlah penting dilakukan di sekolah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman untuk anak-anak, dimana salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan pemberian pelatihan luka ringan menggunakan metode bermain peran atau role play. Kurangnya pemberian edukasi penanganan luka ringan pada anak usia sekolah membuat anak tidak mengerti akan bahaya cedera yang akan ia alami. Penelitian ini dilaksanakan di SD No. 1 Pecatu dengan menggunakan metode pre eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design, teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan jenis Non Probability Sampling dengan total sampling dengan jumlah sampel 32 responden, responden dalam penelitian ini peneliti ambil dari kelas 5 dan 6. Pengujian statistik yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini di dapatkan bahwa nilai p-value 0,001 (p<0,05) dan dapat disimpulkan Ha diterima sehingga dapat dikatakan ada pengaruh pemberian edukasi dengan metode role play terhadap tingkat pengetahuan penanganan luka ringan di SD No. 1 Pecatu Kecamatan Kuta Selatan 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Usada Bali