Abstract :
Konsentrasi belajar sangat berperan penting bagi siswa selama proses belajar.
Rendahnya konsentrasi belajar dapat mempengaruhi nilai akademik siswa
disekolah. Data tingkat konsentrasi belajar siswa SMA di Bali berada dalam
kategori rendah dengan persentase sebanyak 61%. Berdasarkan hasil observasi di
SMAN 1 Kuta didapatkan 123 dari 229 siswa memiliki tingkat konsentrasi rendah.
Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya konsentrasi belajar siswa adalah
kualitas tidur yang buruk.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas tidur terhadap
konsentrasi belajar siswa kelas XII di SMAN 1 Kuta kabupaten Badung. Penelitian
ini merupakan penelitian korelasional dengan jenis penelitian Cross Sectional
menggunakan 229 responden. Instrumen yang digunakan kuesioner kualitas tidur
dan konsentrasi belajar siswa, hasil jawaban responden dianalisisis menggunakan
program aplikasi analisis data (SPSS versi 26.0).
Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang bermakna antara hubungan
kualitas tidur dan konsentrasi belajar menunjukan nilai p value = 0,001 (p< 0,05).
Siswa diharapkan dapat membiasakan tidur tepat waktu dan mengurangi kebiasaan
buruk yang dapat memepengaruhi kualitas tidur. Hal ini dimaksudkan agar anak
memiliki kualitas tidur yang baik sehingga berkonsentrasi saat belajar.