DETAIL DOCUMENT
TA : Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Pendekatan Importance-Performance Analysis
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dinamika
Author
Jemmy, Jemmy
Titik Lusiani (LECTURER ID : .)
Subject
650 Management & auxiliary services 
Datestamp
2018-11-21 08:50:00 
Abstract :
Dalam era globalisasi ini persaingan bisnis menjadi sangat tajam, sehingga untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggannya. Untuk itu, pihak manajemen harus melakukan penelitian untuk mengetahui atribut apa saja yang dianggap penting oleh para pelanggan. Pada tugas akhir ini dibahas mengenai perancangan dan pembuatan aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan riset terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada suatu produk dengan menerapkan pendekatan importance-performance analysis, sehingga diharapkan aplikasi yang terbentuk dapat membantu perusahaan dalam melakukan riset pemasaran untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan atas produk mereka. Uji coba tugas akhir ini terhadap produk coklat Top dilakukan dengan alpha 0.05 dan 120 responden. Persamaan regresi linier menyatakan bahwa model regresi hanya mampu menjelaskan 12,19% dari data penelitian, kemudian diplot ke dalam diagram dengan memasukkan koefisien beta (implicit importance) yang dibandingkan dengan rata-rata tingkat kepentingan setiap atributnya (explicit importance), yang menunjukkan empat kuadran dan nilai peningkatan atau penurunannya, yaitu: A ? Satisfiers (Rasa tidak berubah setelah lama disimpan -0.24%), B ? Performance Factors of High Importance (Kelembutan coklat 1,71%, Cream tahan lama 1,04%), C ? Performance Factors of Low Importance (Bentuk kemasan yang tertutup sempurna -1,36%), D ? Dissatisfiers (Isi yang penuh -0,25%). 
Institution Info

Universitas Dinamika