Institusion
Universitas Dinamika
Author
Novan Andrianus (STUDENT ID : 08510160054)
Karsam Karsam (LECTURER ID : 0705076802)
Thomas Hanandry Dewanto (LECTURER ID : 0704078105)
Subject
000 Computer science, knowledge & systems
Datestamp
2020-05-06 03:29:26
Abstract :
Ibu walikota Surabaya, Tri Rismaharini pada acara "Surabaya Tourism Destination Award 2012" mengatakan bahwa kota Surabaya "Kita tidak punya potensi alam, tapi kita memiliki diferensiasi. Itulah yang harus kita tingkatkan untuk mengembangkan pariwisata di Surabaya" (Rachel, 2012). Difrensiasi yang dimiliki oleh Surabaya menjadi sebuah titik berat untuk mengangkat pariwisata yang di banyak kota yang ada di Indonesia. Di era modern dan perkembangan pariwisata yang pesat ini kota Surabaya membutuhkan sebuah media publikasi untuk membantu memasarkan banyak obyek wisata yang belum diketahui oleh wisatawan selain itu juga mampu menumbuhkan minat bagi masyarakat lokal, dalam hal ini masyarakat Surabaya untuk mengenal dan memahami daerahnya.
Bentuk promosi dalam bentuk video merupakan media publikasi paling informatif, sebab video merupakan media publikasi yang dapat menyampaikan pesan secara textual, audio maupun visual. Kemampuan media video dalam hal menyampaikan pesan cukup luas dibandingkan media publikasi lainnya seperti radio atau cetak. Fleksibilitas yang dimiliki oleh video juga menempatkannya sebagai media dengan multi device, seiring dengan berkembangnya era teknologi. Video tidak hanya dapat di salurkan melalui televisi namun juga mampu di unggah ke berbagai situs popular di internet, sehingga mampu memperkenalkan difrensiasi obyek pariwisata kota Surabaya kepada calon wisatawan domestik maupun mancanegara.