Abstract :
Terdapat 2 permasalahan yang sering terjadi di perpustakaan Yayasan Pendidikan Ma?arif yang terdiri dari proses bisnis pendaftaran anggota yaitu masih dengan cara manual sehingga membuat penginputan dan pengumpulan data anggota baru yang dilakukan oleh petugas perpustakaan membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu sekitar 2-3 minggu sampai kartu anggota tercetak. Masalah kedua yang sering dihadapi dalam proses peminjaman adalah buku dapat dipinjam sekolah lain yang berada dalam satu lingkungan yayasan dan kesulitan dalam melakukan pencarian history transaksi peminjaman dan history transaksi pengembalian.
Solusi yang ditawarkan adalah pembuatan aplikasi sirkulasi perpustakaan yang dapat mengatasi proses bisnis. Dengan adanya aplikasi ini maka dapat membantu proses transaksi peminjaman dan transaksi pengembalian.
Hasil yang didapat adalah dengan adanya aplikasi sirkulasi perpustakaan ini dapat membantu dalam proses bisnis perpustakaan dan juga membantu permasalahan yang sering terjadi seperti permasalahan pertama pendaftaran anggota yang sebelumnya membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu menjadi 5-10 menit.