Abstract :
UMKM Kesra Bordir merupakan UMKM yang usahanya bergerak di bidang barang fashion dan kreasi unik. Disebut fashion dan kreasi karena barang yang di produksi disini berupa koleksi tas yang terbuat dari kain Jeans dan di bordir dengan pola yang unik dari sang owner maupun order dari pelanggan. Sangat jarang sekali ada UMKM yang memanfaatkan kain jeans sebagai bahan baku utamanya dalam memproduksi sebuah barang, hal ini merupakan sebuah kesempatan yang dibuat oleh owner untuk maju dibidang usaha fashion dan mulai bersaing dengan brand-brand fashion lain diluar sana. UMKM Kesra Bordir sendiri telah berdiri sejak tahun 2010 akan tetapi UMKM Kesra Bordir ini sedang memiliki masalah dalam proses penjualannya, UMKM Kesra Bordir mengalami kendala terhadap pelaksanaan penjualan online lewat e-commerce dan pengoptimalan penggunanaan media sosial.
Dari masalah tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa UMKM Kesra Bordir sangat membutuhkan penerapan strategi penjualan lewat e-commerce dan pengelolahan media sosial sebagai solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi dan mambantu meningkatkan usahanya lebih baik lagi sehingga UMKM Kesra Bordir dapat mencapai target yang diinginkan. Pembuatan strategi pemasaran online yang meliputi beberapa aspek seperti digital marketing, content social media, copywriting, dan advertising, dengan penerapan ini maka UMKM Kesra Bordir dapat menjalankan kegiatan pemasaran dengan efektik dan efisien.