Abstract :
UMKM Pawon Kue Surabaya merupakan UMKM yang usahanya bergerak di makanan ringan. Disebut makanan ringan karena produk yang dihasilkan disini berupa kue kering ( Almond Crispy ). UMKM Pawon Kue Surabaya sendiri telah berdiri sejak tahun 2005 akan tetapi UMKM Pawon Kue Surabaya ini sedang memiliki masalah dalam proses khususnya penjualan secara online, UMKM Pawon Kue Surabaya mengalami kendala terhadap pelaksanaan penjualan online lewat e-marketing dan pengoptimalan penggunanaan sosial media terutama Facebook.
Dari masalah tersebut maka dapat diketahui jika UMKM Pawon Kue Surabaya sangat membutuhkan penerapan penjualan melalui e-marketing dan pengelolahan sosial media untuk meningkatkan usahanya lebih baik lagi sehingga UMKM Pawon Kue dapat mencapai target yang diinginkan. Dengan membuat strategi pemasaran online yang meliputi beberapa aspek seperti digital marketing, copywriting, dan advertising. Media sosial yang digunakan disini adalah Facebook dan Instagram yang digunakan sebagai media promosi dan peningkatan penjualan UMKM Pawon Kue Surabaya