DETAIL DOCUMENT
LKP : Pemanfaatan Instagram dan Shopee pada UMKM Nandiya Project
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dinamika
Author
Retnosari, Retnosari
Subject
658 General management 
Datestamp
2023-02-14 04:58:16 
Abstract :
UMKM Nandiya Project adalah sebuah usaha yang menyediakan produk gift set atau paket hadiah yang berisi satu set produk seperti pakaian yang terdiri dari atasan dan bawahan, dan berisi berbagai macam produk lainnya. UMKM Nandiya Project berlokasi di Pondok Nirwana Jl. Baruk tengah II /4 BB 142 Surabaya. berdiri pada tahun 2018, saat ini UMKM tersebut memiliki 2 orang karyawan. Terkait peningkatan penjualan online, sebelumnya UMKM Nandiya Project sudah menggunakan media sosial Instagram dan dan marketplace shopee tetapi tidak dikelola dengan baik, memiliki strategi yang kurang tepat serta minimnya pengetahuan sumber daya manusia yang dimiliki mengenai pemasaran online berbasis social media dan marketplace. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah produk yang terjual sangat sedikit serta akun Instagram dan Shopee yang terabaikan. Solusi yang di tawarkan pada UMKM Nandiya Project adalah agar diterapkan pengoptimalan pemasaran online dengan memanfaatkan Instagram ads dan Shopee ads serta mengadakan pelatihan untuk karyawan dan pemilik UMKM Nandiya Project. Hal tersebut dilakukan karena dapat berpengaruh pada peningkatan penjualan online sehingga omzet yang dimiliki juga dapat meingkat. Dengan diterapkannya pengoptimalan social media dan marketplace sebagai media pemasaran online telah diperoleh peningkatan omzet melalui penjualan online sebesar 86% selain itu akun Instagram dan Shopee Nandiya project lebih interaktif dan memiliki konten yang lebih baik. 
Institution Info

Universitas Dinamika