DETAIL DOCUMENT
TA : Penerapan Algoritma Instagram pada UMKM Krecek Rambak Sandy Jaya untuk Memperluas Jangkauan Pasar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dinamika
Author
Oktaviana, Siska Dinda
Subject
005 Computer programming, programs & data 
Datestamp
2023-02-15 05:29:35 
Abstract :
Pandemi Covid 19 memberikan dampak penurunan omzet usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia, salah satunya UMKM Krecek Rambak. Tidak hanya itu, pandemi mengubah pola perilaku masyarakat menjadi lebih memperhatikan Social Distancing, dan lebih menyukai berbelanja secara online. Kondisi ini menyebabkan penurunan omzet UMKM. Berbagai upaya dilakukan, seperti pemasaran secara door to door di wilayah Mojokerto dan perekrutan reseller, tetapi penjualan tidak mengalami perubahan yang signifikan. Oleh sebab itu, UMKM harus memperluas jangkauan pemasaran dengan menggunakan media sosial yang paling ampuh dan gratis untuk memasarkan produk UMKM yaitu Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menerapkan algoritma Instagram agar memperluas jangkauan pemasaran UMKM Krecek Rambak Sandy Jaya. Metode penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu identifikasi masalah, analisis, tahap penerapan 4 algoritma Instagram, dan evaluasi hasil. Hasil dari penelitian ini adalah perluasan jangkauan pasar UMKM dari aspek geografis Mojokerto meluas ke Surabaya, Gresik, Jombang, Banyuwangi, hingga Kalimantan. Aspek demografis terjadi peluasan dari ibu rumah tangga menjadi meluas ke semua kalangan baik pria, wanita usia 18-55 tahun. Aspek behavioral terjadi perluasan dari membeli krecek rambak saat puasa sekarang meluas ke konsumsi sehari hari, sedangkan aspek psikografi mengalami perluasan dari yang awalnya membeli untuk camilan, sekarang untuk alasan kesehatan. Implementasi algoritma ini menghasilkan peningkatan penjualan sebanyak 700kg, sehingga dapat disimpulkan terdapat peluasan jangkauan pasar. 
Institution Info

Universitas Dinamika