DETAIL DOCUMENT
TA : Penerapan Gamification pada Website Wishlist Dinamika untuk Meningkatkan Minat Jurnalis Menulis Berita
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dinamika
Author
Rahmawan, Dendi Riki
Subject
658 General management 
Datestamp
2023-02-20 08:35:16 
Abstract :
Website Wishlist merupakan website yang sedang dikembangkan atau dibuat PPTI (Pusat Pengembangan Teknologi Informasi) yang didasari oleh permintaan dari divisi humas (Public Relations), website Wishlist difungsikan untuk membantu website Universitas Dinamika (https://www.dinamika.ac.id/) dalam menyajikan informasi bagi masyarakat. Namun website Wishlist belum bisa digunakan oleh masyarakat sepenuhnya dikarenakan keterbatasan informasi yang disediakan pada website Wishlist tersebut. Hal tersebut dikarenakan pihak pengelola website Wishlist (Public Relations) tidak dapat berkontribusi banyak dalam memberikan layanan informasi karena keterbatasan dalam memperoleh informasi yang ada. Untuk itu pihak humas (Human Resource) mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam memberikan informasi yang mereka punya untuk nantinya bisa dipublikasikan ke dalam website Wishlist, namun tidak semua orang bisa berpartisipasi dengan suka rela untuk memberikan informasi yang mereka punya untuk nantinya dipublikasikan ke dalam website Wishlist. Berdasarkan permasalahan dan peluang tersebut diperlukan sebuah metode yang dapat mendorong masyarakat untuk tertarik berkontribusi dalam pengembangan website Wishlist. Penerapan gamification dapat membuat masyarakat memiliki alasan mengapa mereka harus ikut berkontribusi dalam pengembangan website Wishlist, penerapan gamification memberikan manfaat seperti mempererat hubungan jurnalis dan menghasilkan keterlibatan jurnalis melalui interaksi positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gamification berhasil diterapkan pada website Wishlist. Data-data yang didapat dari survei 52 responden, tiap-tiap element gamification mampu meningkatkan minat jurnalis untuk menulis berita pada website Wishlist diantaranya adalah element point mampu meningkatkan minat jurnalis menulis berita 71%, element reward mampu meningkatkan minat jurnalis menulis berita 74%, element challenges mampu meningkatkan minat jurnalis menulis berita 68%, element level mampu meningkatkan minat jurnalis menulis berita 68% dan element leaderboards mampu meningkatkan minat jurnalis menulis berita 66% 
Institution Info

Universitas Dinamika