DETAIL DOCUMENT
TA : Pengembangan Bisnis untuk Meningkatkan Omzet Toko Semar Plastik Kertosono
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dinamika
Author
Mubarrok, Moch. Hasyim
Subject
650 Management & auxiliary services 
Datestamp
2023-03-03 03:47:36 
Abstract :
Toko Semar Plastik Kertosono merupakan bisnis yang bergerak di bidang bahan roti dan plastik. Pengembangan bisnis Toko Semar Plastik Kertosono ini bertujuan untuk memperluas pangsa pasar saat ini dengan melakukan beberapa metode seperti analisis SWOT, Business Model Canvas (BMC) dan Business Plan. Analisis SWOT untuk mengetahui keadaan lingkungan internal dan eksternal dari Toko Semar Plastik Kertosono. Business Model Canvas (BMC) menghasilkan beberapa elemen yang dapat membantu untuk merancang pengembangan bisnis. Pengembangan pemasaran dilakukan dengan menggunakan strategi STP dan marketing mix. Business plan terdiri dari rencana operasional dan rencana keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bisnis Toko Semar Plastik Kertosono berada pada level kuadran I yang artinya bisnis Toko Semar Plastik Kertosono berada dalam strategi agresif dan memiliki situasi yang menguntungkan dalam mengembangkan bisnis. Namun, pada hasil rencana keuangan selama implementasi belum memenuhi target sebesar Rp300.000.000/bulan. Hal ini dikarenakan Toko Semar Plastik hanya memanfaatkan media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook dan WhatsApp Business. Padahal, marketplaces juga berperan penting dalam mempermudah masyarakat luas untuk melakukan jual beli secara online. Oleh karena itu, untuk rencana kedepan Toko Semar Plastik Kertosono lebih memperluas pangsa pasar dengan memanfaatkan marketplaces seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada. 
Institution Info

Universitas Dinamika