DETAIL DOCUMENT
TA : Perancangan Card Game sebagai Media Interaktif Penerapan 5R Of Zero Waste untuk Remaja Usia 12 - 16 Tahun
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dinamika
Author
Nugroho, Muhammad Bagas Ajitama
Subject
794 Indoor games of skill 
Datestamp
2023-08-04 06:40:06 
Abstract :
Tugas akhir ini berfokus pada perancangan sebuah card game sebagai media interaktif yang bertujuan untuk mengajarkan konsep 5R of zero waste kepada remaja usia 12-16 tahun. Berlatar belakang dari meningkatnya produksi sampah yang tidak terkelola dengan baik sehingga berdampak negatif pada lingkungan dan kesehatan manusia. Oleh karena itu, penting bagi generasi muda, terutama remaja, untuk memahami konsep dan praktik yang dapat membantu mengurangi dampak negatif sampah. Menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang persepsi, sikap, dan pemahaman remaja mengenai konsep 5R of Zero Waste. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Data yang diperoleh digunakan sebagai dasar penyusunan konsep perancangan card game. Dilakukan juga analisis terhadap game-game serupa yang sudah ada sebagai bahan referensi dalam perancangan card game ini. Hasil penelitian ini adalah card game dengan nama "Waste Warriors: The 5R Challenge" dengan media pendukung poster, X banner, shopping bag, dan video panduan bermain yang diunggah di reels instagram. Dalam game ini, pemain akan belajar memilah sampah dan memilih kartu yang berisi tindakan yang dapat dilakukan untuk menerapkan konsep 5R, seperti refuse (menolak), reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), recycle (mendaur ulang), dan rot (membusukkan). Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi sumbangan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya remaja, dalam mengelola sampah secara berkelanjutan. 
Institution Info

Universitas Dinamika