DETAIL DOCUMENT
TA: Perancangan Destination Branding Kawasan Pantai Pucanglaban Kabupaten Tulungagung sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dinamika
Author
Faradita, Nadya Cahya
Subject
658 General management 
Datestamp
2023-08-04 07:53:30 
Abstract :
Desa Pucanglaban terletak di Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung dan berada di ujung selatan yang berbatasan dengan laut selatan. Potensi alam yang dimiliki oleh Desa Pucanglaban adalah kawasan pantai yaitu Pantai Pacar, Pantai Kedung Tumpang, dan Pantai Molang. Namun kawasan pantai ini belum memiliki branding yang kuat. Berdasarkan wawancara dengan sekertaris Bumdes, jumlah pengunjung paling tinggi 9.699 pengunjung. Maka dari itu peneliti merancang destination branding kawasan pantai Pucanglaban untuk meningkatkan brand awareness dan dapat membantu meningkatkan perekonomian Desa Pucanglaban, dikenal luas oleh masyarakat tentang keindahan dan pesona pantai Kawasan Pantai Pucanglaban, dan memberikan citra yang positif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dimana data-data tersebut diperoleh dengan berdasarkan wawancara, dokumentasi, studi literatur, dan observasi. Dari analisis data yang didapatkan, peneliti mendapatkan sebuah kata kunci yaitu ?happiness? yang berarti wisata alam ini dapat menimbulkan rasa kebahagiaan setelah berkunjung ke Kawasan Pantai Pucanglaban dengan menikmati keindahan alamnya. Dari analisis tersebut, maka perancangan ini akan diaplikasikan ke dalam logo, desain branding Kawasan Pantai Pucanglaban, serta mengimplementasikan kedalam media promosi yaitu x-banner, feed instagram, brosur, merchandise yaitu kaos, mug, sticker, gantungan kunci, dan stationary yaitu tiket masuk, notebook, map, amplop, kop surat, kartu nama. 
Institution Info

Universitas Dinamika