DETAIL DOCUMENT
TA : Analisis Pengaruh Perceived Risk dan Ewom terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Variabel Mediasi Belanja Online pada Platform Tiktok
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dinamika
Author
Aprillia, Dean
Subject
658 General management 
Datestamp
2024-01-16 02:35:48 
Abstract :
Semakin banyaknya pengguna internet dan kemudahan teknologi dalam berbelanja online telah menyebabkan pertumbuhan signifikan dalam jumlah transaksi e-commerce di Indonesia. Belanja online masih dianggap sebagai aktivitas yang beresiko, banyak faktor yang menyebabkan minat beli konsumen dalam transaksi jual beli online. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Perceived Risk dan EWOM berpengaruh terhadap Purchase Intention. Ada penelitian yang menunjukan EWOM tidak berpengaruh terhadap Purchase Intention .Oleh karena itu ditambahkan Trust sebagai variabel mediasi untuk menguji pengaruh Perceived Risk dan EWOM terhadap Purchase Intention belanja online pada Platform TikTok. Tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan sebab akibat yang memengaruhi Purchase Intention meliputi Perceived Risk, EWOM, Trust. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 239 Responden pengguna yang pernah melakukan pembelian di platform TikTok di Jawa Timur. Penelitian ini diuji mengunakan SmartPLS 4 versi Profesional dengan analisis Partial Least Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa Perceived Risk berpengaruh signifikan terhadap Trust dan Purchase Intention, EWOM berpengaruh signifikan terhadap Trust dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Purchase Intention. Trust berpengaruh signifikan secara langsung dan berpengaruh dalam memediasi hubungan Perceived Risk dengan Purchase Intention. Trust berpengaruh signifikan secara langsung dan berpengaruh dalam memediasi EWOM dengan Purchase Intention. 
Institution Info

Universitas Dinamika