DETAIL DOCUMENT
LKP : Perancangan Desain Logo UMKM sebagai Brand Awareness pada PT.Jarvis Indiaga Benar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dinamika
Author
Rosyid, Irfan Abdul
Subject
740 Graphic arts & decorative arts 
Datestamp
2024-02-12 02:09:31 
Abstract :
Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah usaha komersial yang dikelola oleh perusahaan atau perseorangan dan mengacu pada usaha ekonomi produktif yang diatur dan ditetapkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. UMKM mempunyai peranan penting dalam perekonomian negara Indonesia, baik dari sisi lapangan kerja yang tercipta maupun dari sisi jumlah usahanya. Jenis usaha di Indonesia ini sering dan banyak dijalankan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dari sekian banyak UMKM yang ada, banyak pula yang belum memiliki identitas visual. Identitas visual sendiri sangat penting bagi UMKM untuk membedakan usahanya dengan kompetitor lain dan memberikan rasa keyakinan kepada calon konsumen. Di sinilah tugas dari PT. Jarvis Indiaga Benar, yang juga merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa desain grafis, Jarvis menerima beberapa permintaan dari klien yang merupakan pegiat UMKM untuk dibuatkan desain logo untuk usahanya. Beberapa UMKM tersebut adalah Abyakta Coffe, Mentari Kopi, Eco Life, Ramen Noodle. Pada perancangan desain logo UMKM ini, setiap brand-nya memilki konsep berbeda ? beda sesuai dengan briefing dari klien dan saran dari penyelia, seperti pada brand ?Abyakta Coffe? yang berkonsep Line art dengan tampilan simpel diharapkan mudah diingat oleh konsumen, lalu pada brand ?Mentari Kopi? berkonsep kopi yang bersinar, dengan makna nantinya diharap usahanya akan terus bersinar, kemudian pada brand ?Eco Life? berkonsep objek dasar daun yang digabungkan dengan konsep produknya yaitu daur ulang, sedangkan pada brand ?Ramen Noodle? berkonsep mie yang disumpit dari mangkok dengan tambahan efek pedas pada visual mienya untuk menunjukan bahwa produknya merupakan makanan pedas. Penyelesaian perancangan desain logo ini juga memerlukan kesesuaian brief, konsep dan software sehingga mendapatkan hasil rancangan desain logo yang baik dan maksimal. Perancangan desain logo UMKM sebagai brand awareness pada PT. Jarvis Indiaga Benar diharapkan dapat meningkatkan brand awareness UMKM Abyakta Coffe, Mentari Kopi, Eco Life dan Ramen Noodle. 
Institution Info

Universitas Dinamika