DETAIL DOCUMENT
TA : Optimalisasi Data Penjualan pada Toko Bintang Menggunakan Algoritma K-Means Clustering dan Apriori
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dinamika
Author
Puteri, Qonitah Alia
Subject
658 General management 
Datestamp
2024-03-13 22:55:25 
Abstract :
Toko Bintang merupakan toko yang bergerak pada bidang retail yang sudah berdiri selama 15 tahun yang memiliki sistem penjualan seperti swalayan yaitu pembeli mengambil sendiri produk yang akan dibeli, Walaupun Toko Bintang memiliki sistem informasi dalam membantu proses bisnisnya, tetapi terdapat kendala yang dihadapi yaitu hanya memberikan output laporan saja yang diberikan setiap minggu, sehingga owner mengalami kesulitan dikarenakan hanya terdapat data kuantitatif seperti total penjualan, rata rata penjualan dan sebagainya yang mengakibatkan peningkatan penjualan dikarenakan tidak ada kepastian produk yang menyebabkan turun maupun naiknya pendapatan yang terjadi pada toko bintang. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka solusi pada toko bintang perlu mengoptimalkan pengolahan data yang lebih mendalam terkait permasalahan dengan menggunakan algoritma K-means Clustering dan Apriori, pengolahan data dilakukan menggunakan Python dan hasil pengolahannya dipresentasikan melalui power bi. Pengolahan data dengan K-means clustering menghasilkan 3 cluster dengan persentase keseluruhan cabang untuk setiap cluster yaitu terlaris sebesar 17.98%, laris sebesar 32.73% dan kurang laris sebesar 49.29%. Hasil pegolahan data dengan apriori terdapat 2 yaitu hasil rekomendasi tata letak menggunakan data transaksi berdasarkan kategori dan promo paket bundling menggunakan data transaksi berdasarkan item, Hasil tata letak cab 1 sebanyak 6 rules dan cab 2 sebanyak 7 rules dengan support 30% dan confidence 75%, untuk hasil rekomendasi promo paket bundling dihasilkan untuk cab 1 sebanyak 10 rules dan cab 2 sebanyak 8 rules dengan support 10% dan confidence 80% (cab1), 70% (cab2). 
Institution Info

Universitas Dinamika