DETAIL DOCUMENT
TA : Perancangan UI/UX Aplikasi Reservasi Café Berbasis Mobile dengan Penerapan Metode Lean UX
Total View This Week0
Institusion
Universitas Dinamika
Author
Sari, Fajar Widya
Subject
006 Special computer methods 
Datestamp
2024-03-25 02:53:10 
Abstract :
Diantara tingginya persaingan antar usaha Food & Beverage, untuk dapat memenangkan persaingan maka sebuah usaha membutuhkan inovasi untuk membangun brand identity supaya nama brand usaha lebih cepat untuk dikenal masyarakat. Dalam hal ini langkah inovasi yang dapat diambil adalah membangun sebuah aplikasi mobile yang dapat digunakan oleh customer. Hasil survey penulis untuk mengetahui pengalaman customer saat berkunjung café didapatkan permasalahan yaitu, (1) 91,4% responden kesulitan memilih menu, (2) 65,7% responden belum pernah menggunakan aplikasi F&B, (3) 82,9% responden yang sudah menerima pesanan sulit menemukan tempat duduk yang kosong, (4) 65,7% responden memilih untuk pergi ke café lainnya saat melihat kondisi café ramai. Berdasarkan pemaparan di atas dibutuhkan sebuah aplikasi reservasi café berbasis mobile untuk customer supaya dapat mengurangi kesulitan yang dihadapi customer. Dalam merancang sebuah aplikasi tentunya ada beberapa faktor pendukung yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah User Interface dan User Experience (UI/UX). Oleh karena itu solusi yang diberikan adalah merancang UI/UX pada aplikasi mobile reservasi café. Perancangan UI/UX pada penelitian ini menggunakan metode Lean UX. Lean UX memiliki empat tahapan yaitu (1) Declaring Assumptions, (2) Create an MVP, (3) Run an Experiments, dan (4) Feedback & Research. Penelitian ini menggunakan dua kali pengujian. Pada iterasi pertama pengujian menggunakan A/B Testing untuk mengetahui desain yang disukai oleh responden. Pengujian pada iterasi kedua menguji prototype C menggunakan metode usability testing dengan memberikan tugas kepada responden untuk menjalankan prototype rancangan UI/UX aplikasi reservasi cafe dan setelahnya diminta untuk menjawab 14 pertanyaaan sesuai lima aspek usability testing. Berdasarkan hasil pengujian A/B Testing, didapatkan 4 desain prototype A dan 8 desain prototype B yang terpilih untuk dilanjutkan ke prototype C. Pengujian iterasi 2 didapatkan hasil skor usability testing dengan menerapkan skala likert 5 sebesar 3,94 yang menunjukkan rancangan UI/UX aplikasi reservasi café masuk dalam kategori baik. 
Institution Info

Universitas Dinamika