Abstract :
Seiring dengan pesatnya perkembangan di Indonesia dan semakin besarnya resiko yang ada membuat masyarakat Indonesia memilih asuransi sebagai perlindungan atas kesehatan dan harta bendanya di masa yang akan datang. Dengan memiliki asuransi maka nasabah dapat terjamin atas resiko-resiko yang akan menimpanya. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang enggan untuk memiliki asuransi. Alasannya karena banyaknya kasus penolakan saat pengajuan klaim. Banyak faktor-faktor yang membuat pengajuan klaim nasabah di tolak. Biasanya penolakan tersebut berdasarkan dari kesalahan nasabah itu sendiri yang kurang memahami mengenai produk asuransi yang dimilikinya. Oleh karena itu, pegawai asuransi harus memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya agar nasabah mampu memahami dengan jelas ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam polis asuransi. Dengan begitu, jika nasabah ingin mengajukan klaim, tidak ada penolakan dari pihak asuransi.
Maksud dan tujuan dalam pembuatan Laporan Kerja Praktek ini adalah untuk mengetahui prosedur pengajuan klaim Asuransi, proses pendaftaran asuransi serta hambatan yang dihadapi dalam mengajukan klaim asuransi pada PT.Asuransi Bina Dana Arta Tbk
Prosedur pelayanan klaim asuransi pada PT. Asuransi ABDA Tbk cabang Bogor sudah sesuai dengan Standar Operasional dan Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan dan telah memberikan pelayanan yang cukup baik.