DETAIL DOCUMENT
Faktor Penentu Usage Behavior Intention Konsumen Generasi Y dalam Menggunakan Layanan Digital Banking Produk Jenius pada BTPN
Total View This Week0
Institusion
STIE Indonesia Banking School
Author
Septiani, Indah
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2020-08-26 09:31:02 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami niat konsumen terhadap adopsi digital banking layanan Jenius dalam konteks Indonesia dengan menggabungkan dua teori; Technology Acceptance Model (TAM), Theory Planned Behavior (TPB), dan dengan kontruksi tambahan, yaitu perceived risk. Survay berbasis kuesioner online dilakukan untuk mengumpulkan tanggapan dari konsumen Generasi Y (151 responden yang dapat digunakan). Data analisis menggunakan structural equation modeling(SEM)untuk mengevaluasi kekuatan antarhubungan. Hasilnya menunjukkan bahwa perceived usefulness, perceived ease of use, attitude, perceived behavioral control, dan low perceived risk secara signifikan mempengaruhi niat konsumen untuk mengadopsi layanan digital banking Jenius, sedangkan subjective norm gagal menunjukkan pengaruh yang signifikan atas niat untuk mengadopsi layanan Jenius. Penelitian ini terbatas pada konsumen Generasi Y (yaitu yang lahir antara tahun 1981-2000) saja. Penelitian kedepannya agar dapat meneliti generasi lain dan menambahkan beberapa vaiabel yang dirasa berpengaruh. Temuan ini akan berguna bagi para manajemen bank untuk merancang strategi dan kebijakan yang terkait dengan digital banking di Indonesia. Penelitian ini adalah salah satu upaya awal dalam konteks Indonesia untuk memahami niat konsumen untuk mengadopsi digital banking dengan menggabungkan dua teori TAM dan TPB. Kata kunci: Technology Acceptance Model, Theory Planned Behavior, Digital Banking, Perceived Risk. 
Institution Info

STIE Indonesia Banking School