DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Media Exposure, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responbility Perusahaan Manufaktur Terdaftar Di BEI (Tahun 2013-2015)
Total View This Week0
Institusion
STIE Indonesia Banking School
Author
Rheadanti, Desak Kadek
Subject
HF5601 Accounting 
Datestamp
2024-07-18 06:06:57 
Abstract :
Tanggung jawab sosial dan lingkungan menjadi salah satu komponen pengungkapan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan pada perusahaan manufaktur di BEI dengan memperluas item-item pengungkapan. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kebijakan pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah media exposure, ukuran perusahaa, profitabilitas dan leverage. Sampel penelitian adalah perusahaan manufaktur yang mengungkapkan tanggung jawab sosial dan lingkungan pada periode 2013?2015. Jumlah sampel perusahaan adalah sebanyak 31. Jumlah obervasi yang digunakan adalah 93 observasi. Kebijakan pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan diukur dengan indeks pengungkapan. Indeks ini diukur dengan item pengungkapan dalam Reporting Guidelines yang termuat dalam General Repoting Initiatives (GRI). Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil pengujian berhasil membuktikan pengaruh media exposure, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Kata kunci: pengungkapan tanggung jawab sosial, media exposure, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage. 
Institution Info

STIE Indonesia Banking School