DETAIL DOCUMENT
Faktor Pendorong Attitude, Serta Implikasinya Terhadap Share Dan Reuse Intention: Studi Pada Online Video Advertising GO-JEK
Total View This Week0
Institusion
STIE Indonesia Banking School
Author
Wijayanto, Donny
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2024-07-22 03:55:55 
Abstract :
Online video advertising (OVA) merupakan suatu iklan dalam bentuk video yang ini dapat dijumpai pada video-sharing platform seperti YouTube. Dewasa ini, OVA semakin banyak digunakan oleh pemasar sebagai salah satu alternatif wahana pemasaran utama karena dipandang relatif lebih efisien dibandingkan dengan media broadcast tradisional, serta berpotensi untuk menciptakan efek viral sebagai dampak tambahan. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui peran dari elemen entertainment, informativeness, irritation, credibility, dan intrusiveness pada pembentukan sikap pemirsa terhadap OVA, serta implikasi pemasarannya. Implikasi pemasaran yang diangkat adalah niat penggunaan kembali atas merek sponsor OVA serta serta niat untuk menyebarkan kembali OVA kepada orang lain. Penelitian ini dilakukan dengan desain deskriptif eksplanatori, berupa pembuktian empiris terhadap sejumlah hipotesis menggunakan data survei yang dihimpun dari 155 orang sampel generasi millennial. Analisis data dilakukan secara kuantitatif melalui pendekatan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil pengujuan empiris pada penelitian ini mengindikasikan adanya pengaruh aspek entertainment, informativeness, dan credibility terhadap sikap pemirsa atas OVA. Di sisi lain, sikap pemirsa atas OVA berimplikasi pada niat penggunaan kembali atas merek dan niat untuk menyebarluaskan OVA. Sementara itu, dugaan akan peran negatif irritation dan intrusiveness terhadap sikap pemirsa atas OVA tidak terbukti pada penelitian ini. Keywords: Online Video Advertising, Customer Attitudes, Reuse Intention, Sharing Intention, Entertainment. 
Institution Info

STIE Indonesia Banking School