DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Religiosity, Attractiveness Of Alternatives, Dan Customer Satisfaction Terhadap Switching Intention Toward Islamic Bank: Studi Kasus Di Wilayah DKI Jakarta
Total View This Week0
Institusion
STIE Indonesia Banking School
Author
Rachman, Raihan
Subject
HJ Public Finance 
Datestamp
2024-07-18 03:52:18 
Abstract :
Tingkat konsumen muslim mau untuk mengganti bank konvensionalnya menjadi bank syariah, tidak lepas dari pengaruh penerapan agama dalam hidup seorang muslim, tingkat kepuasan dari nasabah akan jasa bank konvensional yang digunakanya, dan anggapan bahwa alternatif pengganti (bank syariah) lebih menarik atau baik dibandingkan dengan jasa bank konvensional yang digunakannya saat ini menjadi penentu kerelaannya untuk meninggalkan bank konvensional yang digunakannya saat ini. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengaruh dari Customer Satisfaction, Attractiveness of Alternatives, dan Religiosity terhadap Switching Intentiontoward Islamic bank.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan purposive samplingdengan jumlah sampelsebanyak 102 responden yang memiliki akun di bank konvensional. Analisis menggunakan metode regresi linier berganda dengan level signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut: 1. Attractiveness of Alternativesberpengaruh signifikan positif terhadap Switching Intention, 2. Customer Satisfaction berpengaruh signifikan positif terhadap Switching Intention 3.Religiosityberpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Switching Intention. Kata Kunci: Switching intention, Customer Satisfaction, Attractiveness of Alternatives, Religiosity, Islamic Bank. 
Institution Info

STIE Indonesia Banking School