DETAIL DOCUMENT
Apakah Intrinsic Religious Orientation Mempengaruhi Eco Conscious Behavior? (Studi Kasus Pada Pengguna Kantong Belanja Ramah Lingkungan Di Jabodetabek)
Total View This Week0
Institusion
STIE Indonesia Banking School
Author
Rahman, Feza Zaragita
Subject
HD28 Management. Industrial Management 
Datestamp
2022-01-12 09:37:52 
Abstract :
Permasalahan lingkungan seperti kerusakan alam dan perubahan iklim yang ekstrim telah menjadi perbincangan utama pada diskusi serius dalam beberapa tahun terakhir, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melindungi lingkungan. Hal ini juga turut mendorong konsumen untuk memulai aktivitas konsumsi yang lebih ramah lingkungan sehingga mampu meminimalkan dampak negative terhadap lingkungan atau sering disebut dengan konsumerisme hijau. Penelitian ini mecoba untuk menguji kembali model Extended Theory of Planned Behavior pada pembahasan perilaku konsumen yang sadar akan pentingnya lingkungan di kalangan konsumen Indonesia sebagai negara yang didominasi oleh populasi beragama. Penelitian ini didasarkan pada pengujian empiris terhadap 146 konsumen sampel di JABODETABEK yang dikumpulkan secara cross-sectional melalui kuesioner online. Hasil dari Analisis yang dilakukan melalui pendekatan Structural Equation Model (SEM) menunjukkan bahwa Kepedulian terhadap Lingkungan terbukti berperan dalam mendorong Norma Subyektif dan Kontrol Perilaku yang Diperasepsikan pada konteks konsumerisme hijau yang pada akhirnya dapat membangun Perilaku Sadar Lingkungan konsumen. Disisi lain, Orientasi Religius Intrinsik dan Green Trust terbukti menjadi faktor penting dalam mendorong Sikap terhadap Produk Ramah Lingkungan. Yang menarik, hasil penelitian ini masuk sejalan dengan penelitian sebelumnya di Pakistan yang belum dapat menemukan bukti kuat mengenai dampak Sikap Terhadap Produk Ramah Lingkungan pada Perilaku Sadar Lingkungan. Hal ini tentunya berkontribusi pada generalisasi model Extended Theory of Planned Behavior pada diskusi sadar lingkungan yang telah teruji di negara lain dengan populasi Muslim yang hampir sebesar Indonesia. Hasil penelitian ini tentunya dapat memberikan tambahan wawasan bagi para pengambil keputusan dalam merancang upaya untuk mendorong peningkatan Eko-Sadar Perilaku di kalangan konsumen pada umumnya. Kata kunci: Green Marketing; Religiosity; Planned Behavior; Environmental Concern 
Institution Info

STIE Indonesia Banking School